Resep Klepon labu Kuning, Makanan Khas untuk Berbuka



Meskipun jenis makanan semakin beragam, namun kue tradisional selalu memiliki tempat tersendiri. Rasanya yang tidak telalu tajam membuat kita tidak bosan untuk terus memakannya. Salah satu kue tradisional favorit yang banyak dijual sebagai jajanan pasar ini yaitu klepon. Makanan yang satu ini identik dengan warna hijau yang dibaluri oleh parutan kelapa yang isinya pecah ketika berada di dalam mulut dengan rasanya yang  manis. Apalagi dibulan ramadhan, makananyang satu ini seringkali menjadi menu wajib untuk berbuka.

Resep Klepon labu Kuning
Klepon labu kuning @permadiniken

Sudah banyak modifikasi makanan tradisional ini, ada yang kelpon warna ungu dari ubi ungu yang membuat tampilannya lebih menggoda. Namun saat ini ubi ungu nggak ada dirumah, saya akan coba membuat klepon menggunakan bahan dasar dari labu kuning, teksturnya labu kuning yang lembut cocok untuk dibuat klepon.
 
Bagi yang penasarannya, ikuti cara membuatnya seperti berikut.

Bahan :
200 gr labu kuning, kukus
100 gr tepung ketan
1/2 sdt garam
200 gr kelapa parut
Gula merah secukupnya untuk isian

Cara membuat klepon labu kuning:

  1. Labu kuning yang sudah dikukus haluskan dalam sebuah wadah, tepung ketan  aduk sampai tercampur rata. Jika adonan terlalu lembek bisa ditambah tepung ketan sedikit lagi. 
  2. Ambil sedikit adonan, dan bentuk menjadi bulat,  tekan tengahnya dengan telunjuk, beri isian gula merah lalu bentuk menjadi bulat kembali. Lakukan sampai adonan habis. 
  3. Panaskan air dalam wajan sampai mendidih, masukan klepon yang sudah dibulatkan. Jika sudah mengambang menunjukan kalo klepon sudah matang, angkat dan tiriskan. 
  4. Sebelum menyantap gulingkan klepon dalam kelapa parut. Klepon labu kuning Sajikan.
Previous
Next Post »